[Close]

.


Jumat, 23 Juli 2010

LSM Ummi Maktum Voice

Habis gelap terbitlah terang.

Pribahasa ini setidaknya dapat menggambarkan sebuah cita-cita saudara kita, para penyandang tunanetra yang dengan segala kondisinya tetap menjalani kehidupan dunia ini.

Dibalik kegelapan pada mata dzahirnya, tersimpan seberkas harapan yang senantiasa menyinari hati mereka didalam perjuangan untuk tidak menjadi beban bagi orang lain, bahkan mereka mencoba berbuat sesuatu yang dapat bermanfaat baik buat para tunanetra itu sendiri maupun bagi masyarakat luas.

Insan-insan tunanetra ini sangat menyadari, bahwa berbagai rintangan harus dihadapi sebagai tantangan yang harus dilalui. Diperlukan keyakinan sebagai dasar kekuatan didalam kesungguhan sehingga menjadi manusia yang mandiri, tidak lagi sebatas cita-cita.

LSM Ummi Maktum Voice mungkin hanya sebagian kecil dari bukti sebuah ekspresi dari beberapa insan tunanetra dalam mensosialisasikan keinginan untuk menjadi sebuah lembaga yang bisa bekerjasama dalam membangun tatanan kehidupan dengan didasari kasih sayang tanpa harus mengedepankan perbedaan yang telah Allah tentukan.

Program utama LSM Ummi Maktum Voice saat ini, adalah memperjuangkan para tunanetra Muslim dalam mendapatkan haknya berupa Al Quran dalam huruf Arab Braille yang sampai saat ini masih banyak para tunanetra, belum memilikinya. Melalui pengadaan, pendistribusian dan pembinaan Al Quran Braille Ummi Maktum Voice berupaya menyelamatkan keadaan sebahagian dari anak bangsa sehingga tidak menjadi gelap dua kali. Gelap kedua mata di dunia adalah ketentuan Allah dan harus diterima karena ini bukti dari keadilan-NYA yang tentu bukan untuk dipertanyakan atau dipersoalkan. Oleh sebab itu perjuangan pemberantasan Buta Huruf Al Quran Braille menjadi salah satu ikhtiar bagi LSM Ummi Maktum Voice, sehingga kelak di yaumil akhir insan-insan tunanetra ini dapat melihat cahaya Alloh dan Rosul-Nya juga orang-orang yang dicintainya.

Ummi Maktum Voice didirikan pada tanggal 14 Februari tahun 1999 oleh sebahagian remaja di Panti Sosial Binanetra Wyata Guna Bandung. Saat itu mereka adalah anak asuh yang memiliki kepedulian untuk memakmurkan Masjid Ibnu Ummi Maktum. Diambil dari nama Masjid itulah Ummi Maktum Voice terlahir.

Kini Ummi Maktum Voice telah menjadi sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan telah terdaftar keberadaannya di kota Bandung. Tentu lembaga ini ada bukan hanya sekedar buat menghiasi iklan atau berita, melainkan misi untuk lebih memperkenalkan Allah melalui perjuangan pemberantasan Buta Huruf Alquran Braille yang memerlukan perhatian dari segenap masyarakat muslim Indonesia.

LSM Ummi Maktum Voice saat ini digerakkan oleh 7 orang pengurus inti, 10 personil tim nasyid, 4 pembina dan 4332 donatur tetap maupun yang tidak tetap.

1000 set Al Qur’an braille telah berhasil dilalui. Benar kata pepatah, bila ada kemauan yang didasari kesungguhan untuk memperjuangkannya, niscaya Allah akan mendatangkan pertolongan-Nya. begitu pula yang terjadi pada Program Pemberantasan Buta Huruf Al-Qur’an Braille LSM Ummi Maktum Voice. Semenjak program 1000 set Al-Qur’an Braille dibuka oleh Direktorat Jendral Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Departemen Sosial Republik Indonesia pada 30 Juli 2008 di Bandung, para pengurus LSM Ummi Maktum Voice berusaha memaksimalkan ikhtiar untuk mewujudkan harapan insan tunanetra agar bisa membaca dan memiliki Al-Qur’an dalam huruf arab Braille.

Dengan motto belajar amanah menjalin donatur yang istiqomah, melalui kegiatan sosialisasi program Al Qur’an Braille, para pengurus terus menjalin dan mengembangkan silaturahmi hingga  akhirnya pada bulan Agustus 2009 LSM Ummi Maktum Voice menyelesaikan program 1000 set Al-Qur’an Braille lebih cepat dari target waktu yang direncanakan yaitu 2008-2010. Bagi para pengurus, tiada lagi kesempatan untuk meraih sebuah prestasi selain bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja tuntas dan bekerja ikhlas, untuk mengejar 1000 set Al Qur’an Braille dalam waktu maksimal 2  tahun. Alhamdulillah, berkat pertolongan Allah pada hakikat-Nya, syariatnya dari buah kesalehan sosial para donatur, semuanya berjalan lebih cepat dan lancar.

Kini dengan motto berniat tulus, bergerak lurus dan berbuat fokus, LSM Ummi Maktum Voice bertekad untuk mewujudkan 10.000 (sepuluh ribu) set Al-Qur’an Braille pada rentang waktu 2009-2015. Program ini kami lanjutkan dan kami tingkatkan sebagai jawaban dari banyaknya permintaan Al-Qur’an Braille dari para insan tunanetra kepada LSM Ummi Maktum Voice. 

Di tengah kondisi menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap para penyelenggara negeri ini, kami mencoba berdiri dan bergerak memberikan apa yang kami bisa berikan kepada negeri ini. Sedikit yang kita berikan rasanya jauh lebih baik dibanding besarnya kemudharatan yang diakibatkan oleh keserakahan dari sebagian kecil manusia yang hanya berfikir pendek.

Ketua LSM Ummi Maktum Voice Entang Kurniawan sangat yakin, bahwa hanya dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas, insya Allah akan datang pertolongan sehingga segalanya akan tercapai. Tidak perlu merisaukan hasil atau tidaknya perjuangan kita, yang penting sekarang kita berbuat, dan kita harus selalu yakin bahwa Allah bersama orang-orang yang berjuang di jalan-Nya.

Tidak kurang dari Rp. 20.000.000.000  (dua puluh miliar) dana yang kami perlukan untuk program 10.000 (seribu set) set Al Qur’an Braille ini, sejumlah dana yang sedikit bila harus dibandingkan dengan besarnya dana yang dikucurkan pemerintah kepada bank yang bermasalah itu. Semoga dengan adanya program yang kita lakukan ini, bisa menjadi inspirasi dan referensi untuk menjalani kehidupan yang lebih baik dan bermanfaat.

Mari kita bersama membuka mata hati untuk menghadirkan Al-Qur’an di dalam hati melalui program pemberantasan buta huruf Al-Qur’an Braille LSM Ummi Maktum Voice.

1 set (30 juz) Al Quran Braille harganya masih Rp. 1.650.000/Rp. 55.000 untuk 1 juz. Boleh disalurkan melalui :
  1. Bank Mandiri KK Bandung Sumbersari  13000 14000 999 an. LSM Ummi Maktum Voice
  2. BRI KCP Buah Batu 1141.01.000383.50.2 an. LSM Ummi Maktum Voice
Atau hubungi langsung :
LSM Ummi Maktum Voice 
Jl. Pasir Salam No.29 Bandung 40254 
Tlp/Fax. (022)5228552
 http://www.umv.or.id




2 komentar:

Puji Antoro mengatakan...

artikelnya lengkap banget,jarang loh blogger yang menuangkan kreativitas blogging yang benar-benar serius.
kebanyakan pada sekedar saja,tp blog ini keren and bermanfaat bgt!

lam kenal ya :D

Yeti Widayanti mengatakan...

Makasih mas Pujiiii...duh senengnya dapat pujian dari blogger senior. Please advicenya ya mas untuk perbaikan blogku ini.

Salam kenal juga :)

Posting Komentar

Blog Sahabat

zeffa09. Diberdayakan oleh Blogger.

Category

Followers

© Copyright 2010 Long Life Education is proudly powered by blogger.com