[Close]

.


Jumat, 09 Juli 2010

Ilmuwan Temukan Zat Penekan Rasa Lapar

Para ilmuwan di Inggris telah menemukan zat yang dapat penekan nafsu makan. Substansi zat tersebut ternyata secara alami berada di dalam tubuh manusia. Temuan ini bisa menuntun jalan bagi obat diet baru yang membantu orang menurunkan berat badan berlebih tanpa ada efek samping.

Inti zat tersebut adalah menghentikan makan yang bukan karena lapar. Temuan ini juga dapat digunakan untuk mengobati kecanduan alkohol dan penyalahgunaan obat-obatan, kata peneliti di Universitas Manchester seperti dilaporkan Mail online. Zat yang disebut hemopressin itu bekerja dengan mempengaruhi bagian otak yang memberi sinyal ketika seseorang menikmati makanan ringan atau rokok. Pengujian menunjukkan bahwa hemopressin memblokir wilayah otak tersebut dan mengurangi kenikmatan makan.

Dr Garron Dodd, salah satu penulis temuan terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience, berpendapat hemopressin dapat menekan rasa lapar tanpa efek samping. Di dalam tes, uji coba yang dilakukan pada tikus yang diberi zat hemopressin, membuktikan mereka makan lebih sedikit. "Kami sekarang berencana untuk menyelidiki hal ini lebih lanjut," kata Dr Dodd.Dia menambahkan: "Meskipun temuan kami memiliki indikasi aman, keselamatan, ini tidak dapat segera diekstrapolasikan ke manusia.

Temuan ini bisa mendorong penemuan obat yang merangsang otak untuk memproduksi lebih banyak hemopressin, katanya.

www.liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Sahabat

zeffa09. Diberdayakan oleh Blogger.

Category

Followers

© Copyright 2010 Long Life Education is proudly powered by blogger.com