[Close]

.


Kamis, 08 Juli 2010

Diet Cara Sehat

Menjaga kesehatan itu tidak mudah. Kita semua tahu bahwa cara paling tepat untuk menurunkan berat badan secara sehat adalah diet yang seimbang dan olahraga teratur. Jika kita menggunakan kedua cara ini, maka kita akan memiliki tubuh yang sehat dan dapat menghilangkan lemak dari tubuh. Berikut ini adalah hal dasar yang harus dilakukan dalam melakukan program diet.

Ketika melakukan diet, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar kita berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan yang ideal. Berhati-hatilah terhadap penurunan berat badan yang instan atau obat-obatan yang dianggap mujarab. Walaupun obat-obatan tersebut dapat menurunkan berat badan secara cepat, itu berasal dari bahan kimia dan bahan-bahan tidak alami yang tidak baik untuk tubuh serta dapat menyebabkan gangguan kesehatan di kemudian hari. Selain itu, mengkonsumsi obat-obatan diet dalam waktu lama tentu akan menghabiskan banyak uang. Cara yang tepat untuk memastikan berat badan ideal dan sehat adalah dengan cara makan yang benar.

Makanlah secara teratur dengan porsi kecil setiap hari. Makan 6 kali sehari dapat menjaga metabolisme tubuh kita berfungsi dengan benar dan tubuh juga tidak kekurangan asupan. Tapi jangan dilakukan dengan porsi yang banyak, melainkan dengan porsi sedikit tapi bergizi tinggi. Bagi ibu rumah tangga yang sibuk atau wanita karir, tentu tidak mempunyai cukup waktu untuk makan sesering itu. Hal ini bisa disiasati dengan menyediakan beberapa buah-buahan segar, biskuit yang bergizi atau semangkuk sup yang menyehatkan. Maka program diet tetap berjalan dengan baik. 

Anda menunjukkan apa yang anda makan. Pernyataan ini benar, dan yang sangat menyedihkan, banyak orang yang senang mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Padahal gula akan membuat kita gemuk. Bukan hanya itu, gula yang terkandung dalam biskuit, permen, kue, cokelat dan es krim juga membuat pencernaan menjadi lemah dan sistem kekebalan tubuh menurun. Makan dengan benar berarti memilih makanan yang bergizi tinggi dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Seperti buah-buahan dan sayuran segar, daging rendah lemak (ikan, daging ayam, daging sapi rendah lemak), karbohidrat yang sehat (roti gandum, beras merah, kentang, gandum/sereal gandum, pasta).

Waktu adalah segalanya. Jangan bermain-main dengan waktu. Kita harus mempunyai jadwal makan yang tetap setiap hari. Sehingga tubuh tidak perlu menyimpan lemak sebagai cadangan energi karena tidak tahu kapan akan mendapat makanan lagi.  Juga hindarilah makan 3 jam sebelum tidur malam. Karena makanan ini tidak akan dicerna dengan baik dan akan menyebabkan lemak disimpan dalam tubuh sebagai cadangan untuk membangun (lemak adalah zat pembangun).

Itulah tips sederhana dan mendasar bagi para wanita yang memperhatikan kesehatan dan bentuk tubuh yang ideal. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Sahabat

zeffa09. Diberdayakan oleh Blogger.

Category

Followers

© Copyright 2010 Long Life Education is proudly powered by blogger.com