[Close]

.


Rabu, 22 Desember 2010

Mari Hadirkan Terang Bagi Insan Tuna Netra

Terang identik dengan cahaya. Setiap orang membutuhkan terang. Menurut para insan tunanetra mendapatkan terang bukan berarti dapat melihat utuh dengan mata jasmani, tetapi lebih dalam dari itu yaitu menatap dunia dengan mata hati. Terang terutama terdapat dalam jiwa, bagi para insan tunanetra Muslim kebutuhan rohani akan hal itu dapat dipenuhi melalui tuntunan hidup di dalam Al Quran. Untuk itulah sebuah Al Quran Braille sangat penting artinya bagi seorang insan tunanetra muslim. 


Guna memenuhi kebutuhan para insan tunanetra yang telah bisa membaca Al Quran, LSM Ummi Maktum Voice (UMV) menggelar sebuah acara silaturahmi penerima dan donatur Al Quran Braille beberapa waktu lalu di Auditorium Wyata Guna Jl. Pajajaran no.52 Bandung. Dalam acara itu dilakukan pendistribusian 100 (seratus)set Al Quran Braille kepada 6 (enam) orang perwakilan penerima yang mewakili 3 (tiga) daerah tujuan yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Adalah sebuah usaha mulia untuk menyebarkan terang itu keseluruh pelosok Indonesia agar semakin banyak insan tunanetra Muslim yang semakin memahami dan mencintai Al Quran.
Menggendong QurĂ¡n Braille yang beratnya 25 kg

Menurut data terakhir Departemen Sosial Republik Indonesia jumlah tunanetra di Indonesia mencapai sekitar 1,5 % dari total penduduk Indonesia atau sekitar 3.300.000 orang, 90 % diantaranya menganut agama Islam. Dari jumlah itu sekitar 80 % nya atau lebih dari 2.300.000 insan tunanetra Muslim masih mengalami buta huruf Al Quran Braille. Perjuangan UMV dalam menyebarkan terang utamanya ke hati para Insan tunanetra Muslim adalah sebuah perjuangan yang sungguh membutuhkan banyak dukungan.


UMV adalah sebuah LSM (lembaga swadaya masyarakat) dengan program pemberantasan buta huruf Al Quran Braille bagi tunanetra Muslim di seluruh Indonesia. Fungsi UMV sebagai pihak Suport dan Fasilitator dengan menekankan pada 3 kegiatan yaitu pengadaan Al Quran Braille, pendistribusian Al Quran Braille, dan melakukan pembinaan Al Quran Braille yang bekerja sama dengan ITMI (ikatan tunanetra Muslim Indonesia) diseluruh wilayah Indonesia.
 

UMV awalnya merupakan grup Nasyid remaja Masjid Ibnu Ummi Maktum yang terbentuk sejak tahun 1999 dan berkembang menjadi sebuah LSM yang berbadan hukum pada tahun 2007. Sejak awal berdirinya LSM UMV telah menyebarkan sekitar 2300 Al Quran Braille ke seluruh Indonesia. Kini UMV menargetkan bahwa dalam kurun waktu 5 tahun, dimulai tahun 2010 sampai tahun 2015 akan menyebarkan 10.000 (sepuluh ribu) set Al Quran Braille, 1 juz Al Quran Braille di cetak dengan harga Rp. 55.000 untuk 1 set/30 juz Al Quran Braille diperlukan biaya Rp. 1.650.000. Maka upaya tebar 10.000 Al Quran Braille akan membutuhkan biaya yang sangat besar. Peran serta donatur dengan wakaf atau zakat dan berbagai cara lainnya tentu sangat diperlukan. UMV sendiri juga berupaya mencari dana dengan mengeluarkan Album Nasyid, sudah ada 3 Album yang telah dikeluarkan yaitu Damainya Cinta, Menggapai Cinta dan Lukisan Cinta.
 

Perjuangan memberantas buta huruf Al Quran Braille adalah salah satu ikhtiar LSM UMV, perjuangan yang sepenuh hati dijalani seberapapun besarnya komitmen yang dibutuhkan. Kesetiaan untuk berjuang menyebarkan terang adalah suatu jawaban akan rasa kecintaan pada sang Maha Pencipta. UMV percaya bahwa mencintai Al Quran merupakan bagian dari rukun Iman Islam yang harus dipahami dan dijalankan, apa yang UMV perjuangkan bersama adalah sebuah tekad yang diwujud nyatakan, yaitu tekad untuk menyebarkan terang.
 

Penyaluran partisipasi bisa melalui Bank Mandiri KK Bandung Sumbersari 13000 14000 999 an. LSM Ummi Maktum Voice atau ke BRI KCP Buah Batu 1141.01.000383.50.2 an. LSM Ummi Maktum Voice, atau hubungi langsung LSM Ummi Maktum Voice di Jl. Pasir Salam No.29 Bandung 40254 Tlp. (022)5228552, Fax. (022)5225769 atau bisa juga di akses di www.umv.or.id

6 komentar:

Live Software News and Free Download mengatakan...

Subhanallah........Mba kalo deket aku pasti kesitu Mba.....ditunggu kunjungan baliknya ya Mba

Yeti Widayanti mengatakan...

Kapan2 kalo ke bandung mampir ke sini ya :)

Unknown mengatakan...

salam sahabat
setuju dan mendukung mari hadirkan terang bagi insan tuna netra dengan kesadaran dan kebersamaan yang ada

Yeti Widayanti mengatakan...

Silakan dukung program LSM UMV mba :)

Santai Bersama f.uf.u mengatakan...


jadi kasihan ma orang itu..
pengen membantu mereka yang benar2 butuh bantuan

Yeti Widayanti mengatakan...

Silakan ekspresikan kepedulianmu pada mereka Fufu. Aq adalah salah satu pengurus LSM UMV. Silakan kontak utk informasi lbh lanjut. Terima kasih :)

Posting Komentar

Blog Sahabat

zeffa09. Diberdayakan oleh Blogger.

Category

Followers

© Copyright 2010 Long Life Education is proudly powered by blogger.com