[Close]

.


Rabu, 04 Agustus 2010

Redenominasi Rupiah

Bank Indonesia merencanakan redenominasi rupiah yang dikeluarkan melalui pejabat sementara Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (2/8/2010) malam. 

Apa yang dimaksud redenominasi?
Redenominasi yaitu pemotongan nilai mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya. Pemotongan nol biasanya tiga buah di belakangnya. Contohnya: Uang Rp.100.000,- dipotong menjadi Rp.100,- uang Rp.1.000,- menjadi Rp.1,- 
Maka bila harga beras Rp.12.000,- setelah redenominasi menjadi Rp.12,-

Redenominasi rupiah menurut Bank Indonesia akan memerlukan waktu sampai 10 tahun. Dimulai tahap sosialisasi pada tahun 2011-2012. Kemudian pada tahun 2013, dilakukan redenominasi sebagai masa transisi sampai tahun 2015. Pada masa transisi ini akan digunakan dua penilaian yang disebut dengan rupiah lama dan rupiah baru. Pada masa ini, anda bisa membeli barang yang berharga Rp.100.000,- dengan uang rupiah lama yaitu pecahan Rp.100.000,- juga dengan rupiah baru yaitu pecahan Rp.100,-

Redenominasi Rupiah di Indonesia

Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai tingkat ekonomi dan pendidikan. Bagi sebagian besar masyarakat rencana redenominasi rupiah ini akan sangat membingungkan. Karena mereka sudah terbiasa bertransaksi dengan rupiah lama.

Kesulitan akan terjadi karena pada masa transisi akan digunakan dua macam rupiah, yaitu rupiah lama dan rupiah baru, dalam bertransaksi. Selain itu, penjual harus memberikan dua label dalam barang dagangannya. Bagi sebagian besar masyarakat ini adalah hal yang membingungkan. Terutama untuk masyarakat yang tinggal di daerah. 

Diperlukan sosialisasi yang benar-benar intensif dan menyentuh semua lapisan masyarakat. Jangan sampai terjadi kesimpangsiuran informasi dalam redenominasi rupiah ini, yang nantinya bisa menimbulkan gejolak yang tak diharapkan di masyarakat. Kondisi masyarakat sekarang tidak stabil terutama dalam perekonomian. Dengan munculnya sistem baru dalam cara hidup mereka membuat beban mereka bertambah. Karena mereka harus berfikir keras untuk memahami itu semua.

Di sisi lain, waktu yang disediakan untuk proses redenominasi rupiah ini cukup panjang. Seiring waktu, masyarakat akan menyesuaikan dengan sistem yang berlaku. Selain itu, hal ini bisa menjadi rangsangan bagi masyarakat untuk berfikir. Menjadi pelajaran bagi mereka untuk meningkatkan pemahaman mereka dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karena untuk kalangan tertentu, mereka terbiasa hidup hanya untuk mencari makan, dan setelah perut terasa kenyang, maka selesailah urusan.

Isu redenominasi rupiah ini baru menjadi wacana. Pemerintah pun mengakui belum mengetahui tentang hal ini. Akhirnya, apapun kebijakan yang diambil pemerintah, semoga menjadi perbaikan dan kebaikan masyarakat dan bangsa Indonesia.




 

1 komentar:

suaraterbaru mengatakan...

terima kasih...
nice post....
suaraterbaru
djblackersz
Contoh Kata Pengantar
Senam Aerobik
Kata Kata Bijak

Posting Komentar

Blog Sahabat

zeffa09. Diberdayakan oleh Blogger.

Category

Followers

© Copyright 2010 Long Life Education is proudly powered by blogger.com