[Close]

.


Rabu, 09 Januari 2013
Gula aren adalah produk hasil pemekatan nira aren dengan panas sampai kadar air yang sangat rendah (kurang dari 6%) sehingga ketika dingin produk mengeras. Banyak ahli kesehatan menyarankan untuk mengganti gula pasir dengan gula aren dalam campuran minuman atau makanan.

Kalori yang terkandung di dalam gula aren lebih kecil dibandingkan dengan gula putih. Gula aren memiliki nilai indeks glikemik yang lebih rendah yaitu sebesar 35, sedangkan pada gula pasir indeks glikemiknya sebesar 58. Apa itu indeks glikemik? Yakni skala atau angka yang diberikan pada makanan tertentu berdasarkan seberapa besar makanan tersebut meningkatkan kadar gula darahnya, skala yang digunakan adalah 0-100. Indeks glikemik disebut rendah jika berada di skala kurang dari 50, indeks glikemik sedang jika nilainya 50-70 dan indeks glikemik tinggi jika angkanya di atas 70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gula aren aman bagi penderita diabetes mellitus.


Selain kandungan gulanya yang lebih sedikit, gula aren juga diketahui mengandung senyawa-senyawa lain yang bermanfaat seperti thiamine, riboflavin, asam askorbat, proterin dan juga vitamin C. Dari kandungan, gula aren sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina, juga dapat menghilangkan sakit pinggang dan pegal-pegal dan tentunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan riboflavin dalam gula aren merupakan salah satu zat yang terkandung dalam gula aren yang berfungsi untuk melancarkan metabolisme dan memperbaiki sel sehingga membuat tubuh kita tetap prima. Juga disebutkan bahwa penderita mag sangat baik untuk mengkonsumsi gula aren karena salah satu unsur pada gula aren berfungsi mengontrol dan membersihkan saluran pencernaan, mulai dari lambung dan tenggorokan.

Hasil penelitian Philippne Food and Nutrition Research Institute memaparkan gula aren memiliki kandungan makro nutrient yang lebih banyak dari madu dan gula tebu, serta kandungan nitrogen, klorida (CI), sulfur, dan boron yang tidak terdapat pada jenis pemanis lainnya.

Dari kandungan berbagai vitamin tersebut dan kandungan makronutrien-nya serta kemampuan gula aren memperbaiki saluran cerna ini, dapat diarahkan bahwa gula aren juga bermanfaat sebagai pengganti gula bagi anak penderita autis.

Demikian luar biasanya manfaat gula aren yang sebelumnya tidak terpikirkan, dan dari kandungan berbagai vitamin dan makronutiren itu juga gula aren sangat baik berfungsi sebagai prebiotik atau sumber nutrisi atau media tumbuh bakteri probiotik.

Probiotik seperti lactobacillus sp. sangat baik tumbuh pada media yang mengandung gula sederhana dan sedikit unsur nitrogen dan mengandung protein. Nah gula aren yang berasal dari nira aren inilah yang memenuhi kriteria sebagai media tumbuh yang baik bagi probiotik tersebut.

Menurut penelitian (Muharani : 2011), diketahui bahwa media nira aren cocok untuk dijadikan minuman probiotik dengan total bakteri probiotik optimum tertinggi yaitu pada nira aren dimana dihasilkan 45,35 x 10¹³ cfu/ml.

Dari sini dapat diketahui bahwa gula aren sangat bermanfaat bagi kesehatan kita denagn memasok banyak vitamin dan makro nutrient bagi tubuh serta aman bagi penderita diabetes mellitus dan baik bagi anak autis. Juga gula aren sangat baik sebagai prebiotik atau nutrisi atau media tumbuh bagi bakteri probiotik lactobacillus sp. sehingga dapat meningkatkan jumlah dan kualitas lactobacillus itu sendiri. Akhirnya tentunya akan lebih banyak lagi mendatangkan manfaat bagi tubuh kita. Sehingga minuman probiotik dengan bahan dasar gula aren ini tentu menjadi pilihan utama bagi kita untuk menjaga kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Sahabat

zeffa09. Diberdayakan oleh Blogger.

Category

Followers

© Copyright 2010 Long Life Education is proudly powered by blogger.com